Selasa, 04 November 2014

Perbandingan Dev-C , NotePad++ dan Sublime Text dalam Membuat Program menggunakan Bahasa C


Yooo , sudah sekian lama ini blog kaga di sentuh kali ini di sentuh lagi XD ..
ok .. dalam post kali ini kita  mau membadingkan applikasi” yang dapat di gunakan untuk membuat program dengan menggunakan bahasa C. Applikasi yg kali ini akan kita Bandingkan adalah Dev-C++ , Notepad++ dan Sublime Text.

Yang Pertama  yaitu Dev-C++
 





Dev-C++ merupakan salah satu applikasi Pembuat Program dengan basis bahasa yang di gunakan yaitu bahasa C . disana kita dapat langsung membuat program dengan menggunakan bahasa c dengan mudah dimana ketika kita menekan “(“ makan “)” akan langsung terketikan pula dama dengan “{” atau pun “<” oleh karna itu kemungkinan kita untuk lupa menutup suatu proses mengurang  .. dan juga setelah kita menginstall Dev-C++ maka akan langsung tersedia MinGW . dan juga kita dapat langsung mengcompfile dengan menekan tombol F9 ..

Yang Kedua yaitu Notepad++

Notepad++ merupakan applikasi dimana dapat kita gunakan untuk berbagai macam kebutuhan , seperti untuk membuat HTML , CSS , JavaScript DLL , namun dalam menggunakan Notepad++ untuk membuat program dengan bahasa C kita harus memiliki kejelian yang cukup untuk membuat scrip nya dimana kalo kita menggunakan Notepad++ ketika menekan “(” tidak akan langsung muncul “)” oleh karena itu ketika menggunakan Notepad++ setiap membuka kita harus jeli untuk menutupnya juga agar tidak terjadinya kesalahan . akan tetapi tidak seperti Dev-C , ketika kita selesai membuat scrip programnya untuk mengcomfilenya kita harus secara manual menggunakan comendprom dan juga harus menyediakan MinGW nya juga.

Dan yang terakhri di Bahas yaitu Sublime Text
 
Sublime Text hampir serupa dengan Notepad++ dimana dapat membuat bermacam” tipe file sesuai yang di inginkan .. namun kali ini hanya akan di bahas mengenain C++ , dalam membuat program dengan munggunakan bahasa C dalam sublime text hampir serupa dengan Dev-C , ketikan kita menekan “(” maka tutupnya langsung muncul , namun ada kelebihan lainnya yang sublime text tawarkan yaitu adanya autocomplite yang dapat mempercekat kita dalam membuat sebuat program . lalu untuk mengcomfilenya juga kita harus secara manual seperti menggunakan sublime text .

Dari penjelasan singkat tersebut maka mimin akan memberikan peringkat dari applikasi” tersebut untuk programing dengan bahasa C
  1. Dev-C++
  2. Sublime Text
  3. Notepad++ 
Referensi

Perkuliahan Konsep Teknologi Budi Laksono Putro,MT
budi.staf.upi.edu

1 komentar: